BAB I
PENDAHULUAN
1. Latar Belakang

Kemajuan teknologi tidak hanya
dimanfaatkan dalam bidang ekonomi, politik ataupun industri akan tetapi juga
pada bidang pendidikan, lebih – lebih pada pendidikan agama islam. Karena
teknologi dapat diterapkan dalam berbagai aspek pendidikan, seperti dalam aspek
pengembangan, aspek penerapan dan juga aspek penilaiaan.
Dari sinilah diharapkan teknologi
pembelajaran akan lebih mempermudah pemahaman siswa dalam proses pembelajaran
pendidikan agama islam di sekolah. Untuk itu dalam makalah ini akan di bahas
mengenai pengertian, fungsi, juga manfaat dari teknologi pembelajaran PAI.
2. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas
maka rumusan masalah dalam makalah ini adalah sebagai berikut:
- Apakah pengertian dari teknologi pembelajaran PAI?
- Apakah fungsi dari teknologi pembelajaran PAI?
- Apakah manfaat dari teknologi pembelajaran PAI?
3. Tujuan Pembahasan
Berdasarkan rumusan masalah di atas
maka tujuan pembahasan dalam makalah ini adalah sebagai berikut:
- Untuk memahami apa pengertian dari teknologi pembelajaran PAI
- Untuk memahami apa fungsi dari teknologi pembelajaran PAI
- Untuk memahami manfaat dari teknologi pembelajaran PAI
BAB II
PEMBAHASAN
1. Definisi Teknologi Pembelajaran PAI
Mengenai masalah definisi teknologi
pendidikan tidaklah berbeda dengan teknologi pembelajaran, yang mana sama –
sama berharap akan lebih berhasilnya sebuah proses pendidikan atau
pembelajaran.
Dalam mendefinisikan teknologi
pembelajaran ada beberapa pendapat diantaranya adalah:
Yang pertama, teknologi pembelajaran adalah
penerapan secara sistematik strategi dan teknik yang diambil dari konsep ilmu
perilaku dan ilmu yang bersifat fisik, serta pengetahuan lain untuk keperluan
pemecahan masalah pembelajaran.
Yang kedua, teknologi pembelajaran adalah
pengembangan, penerapan dan penilaian sistem – sistem, teknik dan alat bantu
untuk memperbaiki dan meningkatkan proses belajar manusia.
Yang ketiga, teknologi pembelajaran adalah
pemikiran yang sistematis tentang pendidikan, penerapan, metode problem
solving dalam pendidikan, yang dapat dilakukan dengan alat – alat
komunikasi modern, juga tanpa alat – alat itu.
Yang keempat, suatu cara atau suatu metode yang
digunakan oleh seorang pendidik dalam mengarahkan peserta didik untuk mencapai
tujuan pendidikan baik menggunakan alat media atau disebut hardware maupun
yang lebih penting dari itu yaitu software, sehingga dalam mendidik
peserta didik mereka dapat menerima materi yang diberikan oleh pendidik dengan
rasa senang bukan terpaksa.
Yang kelima, teknologi pembelajaran adalah suatu
komunikasi yang sangat pesat yang dimanfaatkan dalam pendidikan, adapun dalam
berkomunikasi yang diutamaka adalah media komunikasi yang berupa alat – alat
teknologi atau disebut hardware.
Yang keenam, menurut Prof. Dr. Hadi Miarso bahwa
teknologi berasal dari kata techne yang artinya adalah seni, cara,
metode dan kreatifitas yang ditempuh oleh seorang pendidik dalam mentrasfer
pengetahuan kepada peserta didik. Dalam kata lain bahwa seorang guru harus
mempunyai cara – cara ataupun keahliannya dalam mendidik peserta didik.
Dari beberapa definisi di atas maka
dapat ditarik kesimpulan bahwa terknologi pembelajaran PAI adalah suatu cara
atau metode yang sistematis yang diharapkan nantinya peserta didik dapat
menerima materi pendidikan agama islam dengan lebih baik, dengan rasa senang
dan tanpa ada paksaan.
Teknologi pembelajaran merupakan
bagian dari teknologi pendidikan. Hal ini didasarkan pada konsep bahwa
pengajaran adalah bagian dari pendidikan. Teknologi pengajaran merupakan satu
himpunan dari proses terintegrasi yang melibatkan manusia, prosedur, gagasan,
peralatan dan organisasi serta pengelolaan cara – cara pemecahan masalah
pendidikan yang terdapat di dalam situasi belajar yang memiliki tujuan dan
disengaja.
2. Fungsi Teknologi Pembelajaran PAI
Berikut ini adalah beberapa fungsi
dari teknologi pembelajaran PAI sebagai berikut:
- Sebagai sarana bahan ajar yang ilmiah dan obyektif.
- Sebagai sarana untuk memotifasi peserta didik yang semangat belajarnya rendah.
- Sebagai sarana untuk membantu peserta didik mempresentasikan apa yang mereka ketahui
- Sebagai sarana untuk meningkatkan efektifitas pembelajaran.
- Sebagai sarana mempermudah penyampaian materi.
- Sebagai sarana untuk mempermudah desain pembelajaran.
- Sebagai media pendukung pelajaran dengan mudah
- Sebagai sarana pendukung terlaksananya program pembelajaran yang sistematis
- Sebagai sarana meningkatkan keberhasilan pembelajaran.
3. Manfaat Teknologi Pembelajaran PAI
Mengenai manfaat teknologi
pembelajaran PAI sangatlah banyak dan hal ini tergantung dari siapa yang
memanfaatkannya. Berikut adalah beberapa manfaat dari teknologi pembelajaran
PAI bagi pendidik dan peserta didik:
Manfaat bagi pendidik
- Pendidik dapat lebih memudahkan tercapainya tujuan pendidikan.
- Pendidik dapat mempermudah desain pembelajaran.
- Pendidik dapat menunjang metode pembelajaran.
- Pendidik dapat lebih meningkatkan efektifitas Pembelajaran.
- Pendidik lebih mudah menyampaikan materi pembelajaran.
- Pendidik dapat mengefisiensikan waktu.
- Dapat menjadi daya dukung pengajaran seorang pendidik.
Manfaat bagi peserta didik
- Peserta didik dapat lebih cepat menyerap materi pelajaran yang diberikan oleh pendidik.
- Peserta didik menerima materi pembelajaran dengan senang.
- Peserta didik dapat mempresentasikan apa yang mereka ketahui.
- Peserta didik tidak bosan dengan cara penyampaian materi pembelajaran secara verbal.
- Peserta didik lebih bisa berekspresi dalam proses pembelajaran.
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
1. Definisi teknologi pembelajaran PAI
adalah suatu cara atau metode yang sistematis yang diharapkan nantinya
peserta didik dapat menerima materi pendidikan agama islam dengan lebih baik,
dengan rasa senang dan tanpa ada paksaan.
2. Fungsi teknologi pembelajaran PAI
adalah sebagai sarana penunjang dalam proses pembelajaran PAI.
3. Manfaat teknologi pembelajaran PAI
adalah untuk mempermudah proses pembelajaran PAI.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar